Cartoon Toad Jumping Up and Down

Selasa, 28 Mei 2013

5 Tips Berpuasa Agar Badan Tetap Sehat

Share on :

saat puasa
Foto: Masfebri

5 Tips Berpuasa Agar Badan Tetap Sehat

Bulan Ramadhan telah tiba, salah satu ibadah yang wajib kita kerjakan di bulan Ramadhan adalah Berpuasa. Bagi orang yang sehat berpuasa mungkin tak terlalu jadi masalah, tetapi bagi sebagian orang yang sedang berhalangan seperti ibu menyusui atau yang sedang berhalangan lainnya, harus mempunyai keinginan dan niat yang kuat agar saat menjalankan ibadah puasa dapat berjalan lancar.
Tips berpuasa yang baik agar badan tetap sehat tidak hanya mengkonsumsi makanan yang banyak, alih-alih ingin sehat malah menimbulkan penyakit. Untuk itulah kita perlu mengetahui cara dan tips berpuasa agar tubuh kita tetap sehat. Berikut tipsnya:

1. Minum secukupnya

Dehidrasi adalah hal yang banyak terjadi saat berpuasa, untuk itu saat sahur usahakan mengkonsumsi cairan secukupnya (Disarankan air putih).
Saat minum juga harus diperhatikan, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

2. Usahakan jangan terlalu lama diruangan ber-AC

Walaupun ruangan ber-AC terasa dingin dan menurut anda bisa menahan dahaga, itu salah! Ruangan ber-AC walaupun terasa dingin tetapi udaranya sangat kering, dan cairan tubuh bisa cepat menguap, alhasil anda akan semakin haus dan cairan tubuh cepat sekali berkurang.

3. Jangan berlebihan saat berbuka

Saat-saat berbuka memang yang paling ditunggu, tetapi berbukalah secukupnya, diusahakan minum dan mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu, seperti kurma. Untuk mengkonsumsi nasi dan makanan besar lainnya sebaiknya menunggu terlebih dahulu agar perut kita tidak kaget nantinya seperti sehabis sholat magrib berjamaah.

4. Makanan saat sahur

Usahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dan mengandung karbohidrat seperti nasi. Agar saat berpuasa kita masih mempunyai cadangan energi yang cukup sampai saat berbuka tiba

5. Olahraga ringan

Bagi yang terbiasa olahraga sebaiknya saat berpuasa tetap melakukan olahraga tetapi lebih ringan dan dilakukan sore hari sambil menantikan berbuka puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar